Minggu, 28 September 2014

Saya Ingin Membuat Blog

"Pengen punya Blog nih..."

















Apakah sudah kamu pahami materi sebelumnya
Untuk bisa membuat blog, kamu harus punya salah satu dari ini :  
 
Gambar diatas hanya contoh. Kalau komputer PC/ Laptop, spesifikasinya minimal P-III atau yang lebih tinggi. sedangkan HP yang harga 300rb-an aja udah bisa kok.
Atau kalau tidak, kamu ke Warnet aja.... tinggal pilih Warnet yang kamu suka. 


“Bagaimana caranya supaya komputer atau Hp bisa internet ?”
Kamu bisa menggunakan salah satu peralatan diatas dan berlangganan atau membayar biaya koneksi internet kepada Penyedia Jasa Internet atau ISP (Internet Service Provider) atau kita singkat “Provider Internet”.  Untuk lebih jelas, buka ini : Provider Internet.
Saat ini, banyak sekali perusahaan yang menawarkan koneksi Internet. Jadi kita dapat memilihnya salah satu atau beberapa provider, sesuai kebutuhan serta mahal atau tidaknya.
Berikut ini daftar berikut tarif dari masing-masing provider internet :
1.     PT. TELKOM, diantara layanan internet yang dapat digunakan, yaitu :
a.  Telkomnet instan,  layanan jasa Internet ini menggunakan jalur kabel telepon atau bisa juga menggunakan TelkomFlexy. Layanan yang muncul sekitar tahun 1999-2000 ini seketika booming saat itu. Dulu koneksi internet masih sulit dan tidak banyak pilihan seperti sekarang. Telkomnet instan cocok untuk pengguna yang ber-internetnya tidak terlalu lama atau untuk sesekali waktu saja. Tarifnya terbilang mahal, yaitu Rp. 165,-/menit (1 jam=Rp. 9,900,-). Pengguna komputer harus memiliki modem khusus untuk dapat menggunakan layanan ini. Telkomnet instan bersifat praktis (tanpa berlangganan dan tidak ada jangka waktu tertentu) dengan kecepatan cukup lumayan sekitar 56kbps.
b.  Speedy, produk layanan internet dari Telkom selain Telkomnet instan. Seperti produk sebelumnya, Speedy juga menggunakan jalur kabel telepon namun dengan teknologi modem yang berbeda. Speedy menyediakan paket berlangganan bulanan pasca bayar yang akan ditagihkan bersama biaya penggunaan telepon biasa. Tarif yang paling rendah dari Speedy adalah Rp.214,000 (termasuk PPN) sifat Unlimited dengan FUP dengan kecepatan akses lebih besar yaitu 385kpbs. Selain paket ini, tersedia pula paket yang lainnya yang bisa dilihat di : www.telkomspeedy.com.
2.   Ada pula koneksi internet dari TV Kabel seperti Indovision, IndiHome dari Telkom, Okevision, Top-TV, menggunakan kabel optik agar sinyal digital siaran TV dapat terkirim ke rumah-rumah dengan kecepatan cahaya. Contoh tarif provider TV berbayar yang menyediakan layanan Internet adalah First Media. Dengan tarif sebesar Rp.400 ribu/bulan, kita bisa dapet TV kabel + internet FastNet. Akses Internet dengan TV kabel membutuhkan Modem yang khusus, seperti merk Cisco. Modem ini mempunyai dua lobang port,  satu buat ke decoder TV, satu lagi untuk colokan kabel RJ45 alias kabel Ethernet. Layanan ISP ini hanya bisa diakses untuk wilayah yang sudah ada jaringan kabel optik.

3.   Operator SelularJenis ini yang paling banyak digunakan saat ini untuk melakukan aktifitas internet. Komunikasi Ponsel menggunakan gelombang radio yang dikirim dan menerima melalui BTS terdekDengan menggunakan ponsel, kita bisa langsung mendapat akses internet. 
    Sedangkan penggunaan di komputer atau Laptop harus memiliki USB Modem. Kita bisa memilih berbagai paket prabayar atau pascabayar yang ditawarkan operator ponsel seperti : Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren, dan lain-lain. Tapi kebanyakan masyarakat memilih paket prabayar yang paling praktis dan murah. Paket dan tarif yang ditawarkan beragam jenisnya seperti : ada paket volume based, Unlimited harian, mingguan atau bulanan, dan ada juga namanya paket begadang (ini paling murah dengan quota yang banyak tapi internetan-nya harus dari j.12 malam s/d 6 pagi.....namanya juga paket begadang).
      Berikut ini tarif dan paket internet beberapa operator ponsel : 

TELKOMSEL  

XL                     
Klik untuk memperbesar gambar... Super Ngebut XL
Internet Super Unlimited
Internet Unlimited
Internet HotRod 3G+
Internet Khusus Musik

INDOSAT        
Paket Internet dengan kuota
Ket: Kuota 8 Gb (4Gb di Jam 01.00 s/d 06.00 dan 3,4Gb di jam 09.00 s/d 17.00)
Paket Unlimited

SMARTFREN 

Paket Volume Based (kuota)
Paket Unlimited
Ada juga Paket pasca bayarnya. Untuk lebih jelasnya silahkan buka www.smartfren.com


Sementara segini dulu...
sebenarnya masih ada lagi cara lainnya untuk mendapatkan koneksi Internet. Yaitu dengan Internet Hotspot, dan lainnya. Lihat kelanjutannya...ok? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk komentar, pertanyaan, saran atau kritik dengan tidak mengandung isu SARA dan POLITIK

Posting Baru Posting lama Beranda